February 20, 2008

Yellowing paper?

Posted in Uncategorized at 2:15 am by qballkubal

Have you noticed that over a certain period of time paper in our textbook, comics, and newspaper will turn yellow? Yup, kalo kita buka- buka lagi buku kuliah ato buku pelajaran pas jaman sma dulu, pasti keliatan kalo halamannya udah pada berubah jadi kuning kecoklatan ato penuh dengan bercak- bercak coklat.

Sampai saat ini, buku dan media cetak lainnya yang beredar di masyarakat berasal dari kertas yang pada saat dibikin lignin-nya (gambar atas) tidak dibuang. Lignin menyebabkan kertas memiliki kandungan asam (pH) yang cukup tinggi. Reaksi dengan cahaya pada ruangan yang memiliki kelembapan tinggi menyebabkan kertas jadi kekuningan. Kandungan lignin gak cuman bikin masalah buat para pemilik buku. Sebenernya, acid paper kaya gini menyebabkan polusi cukup serius karena proses pembuatannya sarat dengan limbah yang susah untuk di daur ulang.

Yang pertama kali menyadari proses ilmiah dibalik kuningnya kertas adalah seorang pustakawan Inggris yang bernama William Barrow pada tahun 1930. Sekarang, penambahan magnesium bikarbonat dapat menurunkan kandungan lignin dan asam pada saat permbuatan kertas. Kandungan basa sebanyak 2 persen udah cukup buat menjamin kualitas kertas ampe 100 tahun. Bahkan buat katalog ato jurnal langka proses cetak ulangnya menggunakan archival paper, yaitu permanent and durable acid-free paper yang bisa tahan ampe 500 taun (ato 1000 tahun dengan kondisi ideal) dari oksidasi.

Gimana caranya lo bisa tau buku yang lo beli dicetak pake acid-free paper? gampang kok, tinggal lihat di halaman pertama yang isinya tentang informasi penulis dan penerbit and liat apakah ada logo diatas ato gak.

Picture and source from wikipedia.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: