June 14, 2008

Sekali Peristiwa di Banten Selatan

Posted in Readinglights at 7:27 am by qballkubal

“Dimana-mana aku selalu dengar: Yang benar juga akhirnya yang menang. Itu benar; Benar sekali. Tapi kapan? Kebenaran tidak datang dari langit, dia mesti diperjuangkan untuk menjadi benar…..”

-Pramoedya Ananta Toer-

Satu kata yang dapat menggambarkan keseluruhan karya-karya Pramoedya Ananta Toer: humanis. Hampir semua karya Pram selalu menaruh berat pada masalah kemanusiaan dan keadilan. Baginya, pribadi yang memiliki nilai- nilai sejati adalah rakyat jelata.

Berlatar belakang daerah Banten pada tahun 1957, dimana pemerintah Indonesia kewalahan menghadapi musuh dari NICA dan pemberontakan Darul Islam. Karyanya kali ini merupakan hasil survei dan investigasi Pram sendiri di daerah tersebut. Hasil investigasi Pram mengungkapkan sebuah kisah tentang keberanian rakyat jelata dalam melawan penindasan dan tirani; pentingnya nilai gotong- royong dalam masyarakat dan bahwa itu bukanlah hanya sebuah konsep atau pelajaran sekolah dasar belaka.

“…..kita memasuki dunia yang sama sekali baru, dunia manusia, Nyonya, yang isinya penuh dengan binatang buas berkulit orang. Kulitnya saja kulit orang, tapi adatnya, tingkahlakunya, semua sama dengan binatang buas. Barangsiapa lengah, dikunyahnya. Barangsiapa lena, diterkamnya…”

Pram selalu bisa membuat metafor sifat-sifat manusia ke dalam personifikasi hewan. Always salute to him and his nationalism!

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: